Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ini Dia 7 Trik Ampuh Menentukan Harga Produk yang Mendongkrak Penjualan

Ini Dia 7 Trik Ampuh Menentukan Harga Produk yang Mendongkrak Penjualan

Teknik marketing makin berkembang dari hari ke hari. Inovasi diciptakan dari berbagai sisi. Dari sisi penjualan produk ini, banyak yang bisa dilakukan mulai dengan meningkatkan kualitas produk, meningkatkan layanan purna jual, meningkatkan pelayanan dengan line pengaduan atau dengan teknik pricing atau penentuan harga yang bisa mendongkrak penjualan secara signifikan.
Ini Dia 7 Trik Ampuh Menentukan Harga Produk yang Mendongkrak Penjualan Produk
Penentuan Harga Produk


Teknik penentuan harga produk ini sebenarnya sederhana tapi berdampak besar terhadap psikologi calon pembeli produk anda. Maka, saya merangkumnya untuk anda 7 cara menentukan harga produk untuk mendongkrak penjualan. Mereka adalah:

1. Membuat Harga dengan Akhiran 99 atau 95
Di televisi atau di tempat-tempat belanja banyak anda temui barang-barang dengan hara 199.000 atau 195.000. Teknik ini membuat produk terlihat lebih murah dari aslinya. Para peneliti juga menemukan bahwa produk dengan harga berakhiran 9.900/99.000 atau 9.500/95.000 memiliki perbedaan penjualan yang sangat signifikan.

Secara piskologi, hal ini terjadi karena kita membaca dari arah kiri ke kanan hingga kita merasa harga dengan akhiran angka sembilan tadi produk tersebut menjadi lebih murah. Padahal tidak. Ajaib bukan? nah apa lagi.

2. Membuat 3 Nol Pada Digit Terakhir.
Hal ini sederhana saja. Mungkin beberapa tahun silam masih ada yang membuat harga 199.999 tapi ternyata hal tersebut berdampak buruk pada penjualan. Sehingga lebih baik membuat harga 199.000 saja. Hal ini terasa lebih masuk akal bagi calon pembeli.

3. Buat Harga Tanpa Simbol Rp
Menghilangkan simbol Rp (rupiah) pada harga produk juga diyakini para psikolog dapat mempengaruhi niat belanja calon pembeli. Para peneliti percaya bahwa dengan menghilangkan simbol Rp pada produk akan membuat pembeli merasa nyaman dan tidak terpaku bahwa dia sedang membelanjakan rupiahnya. Sebab yang dia lihat hanyalah angka-angka.

4. Trik 95.000 untuk 10 item.
Ini adalah trik toko atau tempat belanja agar pembeli membeli produk dalam jumlah yang banyak. Toko tidak memberi tahu bahwa harga sebenarnya juga hanya 9.500. Jadi sebenarnya mau dibeli satuan atau grosir, harga yang dibayar oleh pembeli tetap sama. Tapi teknik ini juga diyakini mampu mendongkrak penjualan anda.

5. Batasi Jumlah Pembelian/Customer
Manusia adalah makhluk yang berusaha ekslusif karena ego yang tinggi. Manusia ingin terlihat berbeda dari yang lain. Sifat ini bisa dimanfaatkan ke dalam penentuan harga produk anda. Buat harga semasuk akal mungkin dan batasi jumlah pembeli item tersebut. Nah, di sini pembeli akan merasa penasaran dengan keeksklusifan produk tersebut dan berusaha membelinya secepat mungkin. Padahal stok anda di gudang masih banyak.

6. Berikan Barang Gratis Sebagai Promosi.
Mendengar atau membaca kata gratis bisa membuat mata orang membelalak dan terkejut. Coba lihat saja di forum-forum atau portal yang menyediakan sesuatu yang gratisan. Pasti langsung diserbu oleh calon pembeli. Tentu di antara yang suka gratisan itu ada pembeli potensial yang bersedia membelanjakan uangnya untuk membeli produk utama anda yang tentu saja lebih menggiurkan daripada yang gratisan tadi.

7. Buat Harga yang Simple
Misalkan anda membuat harga 764.500 dan discount 15%. Maka pembeli akan dengan berat hati meliriknya sebab tak semua orang mampu luar kepada mengurang-ngurangi jumlah discount tersebut. Lebih baik lagi sertakan dua harga sebelum dan sesudah diskon. Contohnya menempel label harga : 150.000 diskon 10% dan tulisan 135.000. Hal ini membuat pembeli menjadi tahu seberapa besar uang yang mereka hemat.

Bagi penjual mudah-mudahan trik ini berguna bagi anda untuk meningkatkan penjualan produk anda. Tapi bila anda seorang pembeli, trik ini setidaknya akan membuat anda menjadi pembeli yang bijak dan smart.

Semoga Bermanfaat.
Open Comments

6 komentar untuk "Ini Dia 7 Trik Ampuh Menentukan Harga Produk yang Mendongkrak Penjualan"

maika etnik 7 Januari 2013 pukul 00.21 Hapus Komentar
Mantap tips nya mas, langsung sya mau coba ah buat toko online sya. Kebetulan konversi penjualan lg sepi nih.
tom 9 Januari 2013 pukul 21.32 Hapus Komentar
mantap gan ulasannya, bisa ane coba di onlineshop isteri ane... makasih
ayla 17 Januari 2013 pukul 19.38 Hapus Komentar
makasih gan infonya sangat menarik utk dipraktekkan..

salam kenal
Ayla
ramalan sifat 29 Januari 2013 pukul 08.39 Hapus Komentar
masuk akal & terbukti .. thx sob ..
heejou 4 Februari 2013 pukul 20.52 Hapus Komentar
percaya gk percaya..ternyata benar gan, setelah ane praktekin ke online shop ane, jadi banyak konversi ke penjualan, yg td-nya buyer order tp gk transfer2 pembayaran. begitu ane terapin konversi jadi lancar :) thanxs informasinya
Unknown 4 Februari 2013 pukul 21.46 Hapus Komentar
untuk @maika etnik, tom, ayla, ramalan sifat dan heejou mudah2an tipsnya berguna ya.. :) senang bisa membantu.