Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Kontroversi Kalimat Neil Armstrong Berlanjut

Kontroversi Kalimat Neil Armstrong Berlanjut

Kontroversi Kalimat Neil Armstrong Berlanjut: Tampaknya Neil Armstrong yang telah wafat di bulan Agustus 2012 lalu belum bisa istirahat dengan sempurna. Sebab salah satu kalimat paling fenomenal yang pernah diucapkannya dalam sejarah "That's one small step for [a] man, one giant leap for mankind", hingga kini masih menyisakan kontroversi atau perdebatan. Kontroversi yang tak berkesudahan, apalagi si empunya kalimat sudah tiada.
Kontroversi Kalimat Neil Armstrong Berlanjut hingga sekarang
Neil Armstrong dkk

Kalimat yang pernah diucapkan Neil saat menjadi astronot pada 20 Juli 1969 tersebut kini kembali digugat oleh sang adik, Dean Armstrong. Dean mengatakan bahwa kalimat sebenarnya adalah: "That's one small step for a man, one giant leap for mankind". Sementara yang selama ini kalimat yang diyakini adalah "That's one small step for man, one giant leap for mankind". Dimana di antara 2 kalimat tersebut ada perbedaan huruf "a" sebelum kata "man".

Dean mengklaim bahwa kalimat tersebut yang benar adalah kalimat yang menyertakan huruf "a" sebelum kata "man". Dean mengatakan kalau kalimat itu sebenarnya sudah pernah diucapkan oleh Neil di hadapannya dan tertulis pada secarik kertas. Sementara selama ini diyakini bahwa kalimat itu pertama kali diucapkan oleh Neil saat menjejakkan kaki ke bulan. Dan kalimat yang benar adalah kalimat tanpa huruf "a" di depan "man".

Dean Armstrong menyatakan kalau gangguan signal radio komunikasi lah yang membuat huruf "a" pada kalimat Neil menjadi tidak begitu terdengar.

Dalam tata Bahasa Inggris dua kalimat di atas memiliki arti literal yang berbeda.
"That's one small step for a man, one giant leap for mankind": Bila kalimat ini diucapkan dengan huruf "a" sebelum "man" maka kalimat itu berarti "satu langkah kecil dari seorang lelaki, satu lompatan yang besar untuk umat manusia". Pada kalimat ini terasa ego dan ke "aku" an seorang Neil Armstrong yang merasa kalau dirinyalah yang membuat langkah untuk kemajuan umat manusia di bumi.

Sedangkan pada kalimat "That's one small step for man, one giant leap for mankind" berarti "satu langkah kecil pria/manusia untuk manusia, satu lompatan besar untuk umat manusia". Pada kalimat ke dua ini, ucapan Neil akan terasa lebih bijak dan merendah dengan mengatakan kalau langkahnya itu adalah langkah yang mewakili umat manusia. Di sini ego dan ke "aku" an Neil Armstrong tersamarkan.

Lucunya, bahkan pada tahun 2006, Peter Ford dari Control Bionics mengatakan kalau sebenaranya kalimat yang benar adalah kalimat dengan huruf "a" sebelum "man". Dia berdalil bahwa dalam pengucapan kalimat itu, Neil mengucapkan kata "a man" sepuluh kali lebih cepat dari manusia normal.

Dari kasus ini, jadi banyak lagi orang yang pusing dibuatnya. Salah satunya Andrew Chaikin, penulis of "A Man on the Moon". Chaikin menyesalkan karena Dean baru mengeluarkan pendapat itu setelah Neil Armstrong meninggal. Padahal waktu dia menulis buku tersebut, tak ada yang berani komplain dengan perkataan Neil. Juru bicara keluarga Armstrong sendiri tak mau berkomentar soal pernyataan Dean Armstrong.

Yah, mana yang benar ya?


Sumber : Reuters dan Snopes

Open Comments

Posting Komentar untuk "Kontroversi Kalimat Neil Armstrong Berlanjut"