Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
10 Fakta Mengejutkan Tentang Kehidupan Pramugari

10 Fakta Mengejutkan Tentang Kehidupan Pramugari

10 Fakta Mengejutkan Tentang Kehidupan Pramugari
Mungkin selama ini kita hanya tahu segelintir tentang dunia flight Attendant atau pramugari. Seorang pramugari senior memberitahukan 10 fakta mengejutkan tentang dunia pramugari. Mudah-mudahan daftar ini bermanfaat bagi para pembaca:

1. Selagi Pintu Pesawat Masih Terbuka, Pramugari tidak Dibayar.
Para pramugari dibayar perjam. Durasi pekerjaan belum dihitung sampai pintu pesawat tertutup. Meski si pramugari telah membantu memasukkan bagasi anda. Pramugari tidak dibayar saat ada penundaan penerbangan, pembatalan dan hal insidental lainnya. Sampai ada yang mengatakan kalau sebenarnya maskapai tidak memiliki perasaan.

2. Persaingan Menjadi Pramugari Sangat Ketat
Salah satu maskapai penerbangan besar di Amerika menerima 100.000 lamaran dari 1.000 calon pramugari yang dibutuhkan. Artinya minimal kualifikasi yang dimiliki seseorang ialah ia harus sarjana dari Universitas Terkenal. Kalau tidak, tidak usah bermimpi. Kemudian, para pelamar yang memiliki latar pendidikan hukum menjadi golongan pelamar yang paling banyak ditolak. Pelamar yang banyak diterima ialah pelamar yang menguasai beberapa bahasa dan memiliki pengalaman di maskapai lain. Para calon pramugari juga harus bersedia hidup dengan $1.500 per bulan. Sebuah standart gaji yang terbilang rendah di sana.

3. Seorang Pramugari Bisa Terlalu Pendek atau Terlalu Tinggi
Pada tahun 60 an di Amerika ditetapkan standart tinggi seorang pramugari ialah minimal 161,5 cm dan Maksimal 185,9 cm, gunanya ialah agar pramugari cukup tinggi untuk meletakkan bagasi tapi juga tidak terlalu tinggi hingga bisa kejedot di langit-langit pesawat. 

Lalu dengan berat badan  maksimal adalah 130 kg dan harus pensiun di usia 32 tahun. Mereka juga tidak boleh menikah dan memiliki anak. Akibatnya rata-rata pramugari hanya bisa bertahan 18 bulan. Namun pada tahun 70an persyaratan usia dan pernikahan itu dihapuskan. 

4. Pramugari Bisa Dipecat Karena Alasan Aneh
Seorang pramugari bisa dipecat kalau silap menggunakan seragam. Pramugari bisa juga dipecat karena pura-pura fit padahal sakit. Pramugari yang sakit tidak diperbolehkan ikut terbang karena dirasa akan mengganggu servisnya pada para penumpang.

5. Menuang Minuman ke Penumpang Menjengkelkan.
Diet Coke menjadi minuman yang sangat tidak disukai para pramugari karena harus dibawa berkeliling tapi sering penumpang menolak untuk meminumnya. Belum lagi permintaan penumpang pesawat yang rewel karena merasa telah membayar.

6. Pramugari Selalu Tahu Bila Anda Menyelundupkan Mayat
Kenapa orang memilih untuk membawa mayat namun pura-pura bahwa yang dibawa itu bukanlah mayat. Karena biaya dan ongkos pesawat untuk mayat itu mahal sekali. Seorang pramugari pernah menyaksikan seorang pemuda yang membawa ibunya yang telah meninggal. Wajahnya yang pucat tidak dapat ditutupi, apalagi si ibu merosot dari tempat duduknya saat ada turbulensi di pesawat. Kalau anda mengatakan bahwa mayat yang anda bawa memang tadinya telah sekarat, hal itu juga tidak mungkin berlaku sebab untuk mendapatkan izin seperti itu harus ada pengakuan dari dokter yang ditunjuk.

Untuk urusan mayat ini, Singapore Airlines adalah maskapai yang paling siap di dunia. Mereka memiliki pesawat dengan lemari khusus untuk mayat jika tiba-tiba situasi tak terduga muncul.

7. Pramugari Merupakan Pencegah Perdagangan Manusia
Dewasa ini perdagangan manusia Internasional menjadi semakin marak. Para pramugari menjadi ujung tombak pencegah tindakan kriminal ini. Seorang pramugari pernah menyaksikan seorang pria membawa bayi. Tanpa ada terlihat seorang ibu di samping pria tersebut. Pria itu hanya membawa beberapa buah popok dan sebotol susu. 
Curiga dengan hal itu, pramugari tersebut berkoordinasi dengan kru lain. Pria tersebut akhirnya ditangkap setelah di bandara. Secara mengejutkan, pria tersebut ternyata merupakan bagian dari sindikat perdagangan bayi.

8. Panjang Pendeknya Rok Pramugari Menunjukkan Senioritas
Pramugari yang baru magang akan diwajibkan memakai rok panjang. Semakin lama ia menjadi pramugari maka semakin diizinkanlah ia untuk menaikkan roknya sedikit demi sedikit. Tapi banyak kru yang mulai iseng dengan pramugari baru karena rok pendek tadi. Makanya beberapa pramugari seniorpun lebih memilih untuk memakai rok panjang.

9. ML di Toilet Pesawat
Ada kalanya beberapa pasangan mencoba untuk ML di toilet pesawat hingga terjadi antrian panjang di depan toilet. Memang itu hak anda, tapi demi keamanan dan kenyamanan, pramugari berhak melarang anda melakukannya di toilet pesawat atau anda akan dibuat malu.

10. Turbulensi Pesawat Tidak Berbahaya
Tidak berbahaya bukan maksudnya anda boleh main-main dengan turbulensi atau guncangan di pesawat. Tapi dari statistik di Amerika, 2 juta orang terbang setiap hari. Sejak tahun 1980 hanya 3 orang yang dinyatakan meninggal akibat turbulensi pesawat. Dan dua dari kematian itu karena mereka tidak menggunakan sabuk pengaman.

Uniknya dari sekitar 300 kecelakaan terjadi saat turbulensi, korbannya adalah para pramugari. Uniknya lagi, mereka tidak mendapatkan asuransi karena asuransi hanya didapatkan dari turbulensi ekstrem. Yang lebih unik lagi, yang menentukan status turbulensi itu ekstrem atau tidak adalah pilot. Tapi yang lebih-lebih unik lagi, jarang sekali pilot menetapkan status turbulensi sebagai turbulensi ekstrem. 

Kasihan benar pramugarinya. Ternyata tidak seperti apa yang kita lihat selama ini. Statistik dan fakta di atas adalah fakta pramugari Amerika, tapi setidaknya bisa menjadi representasi pramugari dalam negeri juga.
Tapi tetap ada yang skeptis pada pramugari seperti video dibawah ini:
 Masih segar di Ingatan kita tentang nasib-nasib pramugari di Sukhoi pada video di bawah ini:
Open Comments

2 komentar untuk "10 Fakta Mengejutkan Tentang Kehidupan Pramugari"

sekolah pramugari indonesia 27 Mei 2013 pukul 18.19 Hapus Komentar
kasihan banget ya iadi pramugari, , , tapi setidaknya pekerjaan seorang pramugari adalah pekerjaan yang mulia, , ,
Anonim 30 Desember 2014 pukul 16.53 Hapus Komentar
masa?