Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Obama Tegaskan Akan Kunjungi Indonesia

Obama Tegaskan Akan Kunjungi Indonesia

pusdai.com
Setelah dua kali tertunda, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menegaskan akan mengunjungi Indonesia. Pernyataan itu disampaikan Obama dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat (AS).

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa saat jumpa pers di Hotel Intercontinental Barclay, 111 East 48th Street, New York, AS, Kamis (23/9/2010) sore waktu setempat.



Hari ini, kata Marty, Sidang Majelis Umum PBB memasuki fase general debate (perdebatan umum). Pernyataan Obama yang akan mengunjungi Indonesia itu disampaikan saat Obama mendapat giliran berpidato.

"Disampaikan Presiden AS di samping masalah dunia global, yang disampaikan Beliau ada khusus. Pertama, pengumuman  rencana kunjungan Obama di Indonesia dalam waktu dekat. Tidak disebut (kapan), tapi pemahaman kami akhir tahun ini," jelas Marty.

Kunjungan tersebut merupakan satu rangkaian dengan rencana kunjungan Obama ke kawasan Asia, utamanya India. Mengenai kepastian kapan Obama mengunjungi, Marty mengatakan segalanya serba mungkin tergantung dari dinamika yang ada.

"Kita tentu sudah mengikuti dengan seksama dinamika masa lalu, belum bisa memastikan apa yang akan terjadi dalam waktu satu minggu, dua minggu ke depan, atau dua bulan ke depan. Kami hanya mempersiapkan segala sesuatunya .  Negara mana pun juga belum bisa memprediksi keadaan satu atau dua bulan mendatang," jelas dia.

Apakah rencana kunjungan Obama ini menjawab ketidakhadiran Presiden SBY dalam KTT AS-ASEAN yang begitu penting? "Kalau itu tanya Hillary Clinton saja," elak Marty.

ASEAN-US Leaders Meeting atau KTT AS-ASEAN akan digelar Jumat 24 September di New York. Presiden Barack Obama akan hadir, beserta 8 pemimpin negara ASEAN. Yang absen adalah pemimpin Myanmar dan Indonesia. Indonesia diwakili oleh Wapres Boediono yang akan memimpin delegasi RI.

detik.com
Open Comments

Posting Komentar untuk "Obama Tegaskan Akan Kunjungi Indonesia"