Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Manajer Tambang di Zambia Tembaki Pekerjanya?

Manajer Tambang di Zambia Tembaki Pekerjanya?

Polisi Zambia sedang menyelidiki pengaduan bahwa manajer pertambangan yang dikelola perusahaan Cina menembaki dan melukai sedikitnya 11 petambang.

Laporan-laporan yang masuk menyebutkan bahwa oknum manajer itu menembaki para pekerja pertambangan lantaran mereka tidak becus bekerja. Namun hingga saat ini belum ada yang dikenai dakwaan setelah penembakan di pertambangan Collum itu.

Cina telah melakukan investasi besar-besaran di Zambia namun juga harus menyelesaikan sejumlah masalah perburuhan. Tahun 2006, kandidat presiden dari kubu oposisi berkampanye secara terbuka menentang orang asing dan berhasil di sejumlah daerah dimana jelas terlihat keberadaan orang-orang Cina.
Janji polisi.

"Para pekerja memprotes kondisi kerja yang buruk saat para manajer menggunakan senapan menembaki para pekerja secara membabi buta bukan melakukan penembakan peringatan ke udara," kata juru bicara kepolisian Zambia, Ndandula Siamana, ke kantor berita AFP.

"Mungkin saja para manajer khawatir mereka akan diserang namun kita harus menjamin bahwa pelaku penembakan itu diperiksa," katanya.

Juru bicara kepolisian menambahkan, petambang Zambia yang terluka saat ini dirawat di sebuah rumah sakit kota Sinazongwe.

Sejauh ini manajemen pertambangan Collum belum memberikan komentar atas insiden itu,

Tahun lalu Cina melakukan investasi lebih dari US$400 juta di industri pertambangan Zambia. Investasi Cina ini di negara ini masih terus bertambah

sumber : Tribun News
Open Comments

Posting Komentar untuk "Manajer Tambang di Zambia Tembaki Pekerjanya?"