Ini Dia 7 Trik Ampuh Menentukan Harga Produk yang Mendongkrak Penjualan
Teknik marketing makin berkembang dari hari ke hari. Inovasi diciptakan dari berbagai sisi. Dari sisi penjualan produk ini, banyak yang bisa dilakukan mulai dengan meningkatkan kualitas produk, meningkatkan layanan purna jual, meningkatkan pelayanan dengan line pengaduan atau dengan teknik pricing atau penentuan harga yang bisa mendongkrak penjualan secara signifikan.
Teknik penentuan harga produk ini sebenarnya sederhana tapi berdampak besar terhadap psikologi calon pembeli produk anda. Maka, saya merangkumnya untuk anda 7 cara menentukan harga produk untuk mendongkrak penjualan. Mereka adalah:
1. Membuat Harga dengan Akhiran 99 atau 95
Di televisi atau di tempat-tempat belanja banyak anda temui barang-barang dengan hara 199.000 atau 195.000. Teknik ini membuat produk terlihat lebih murah dari aslinya. Para peneliti juga menemukan bahwa produk dengan harga berakhiran 9.900/99.000 atau 9.500/95.000 memiliki perbedaan penjualan yang sangat signifikan.
Secara piskologi, hal ini terjadi karena kita membaca dari arah kiri ke kanan hingga kita merasa harga dengan akhiran angka sembilan tadi produk tersebut menjadi lebih murah. Padahal tidak. Ajaib bukan? nah apa lagi.
2. Membuat 3 Nol Pada Digit Terakhir.
Hal ini sederhana saja. Mungkin beberapa tahun silam masih ada yang membuat harga 199.999 tapi ternyata hal tersebut berdampak buruk pada penjualan. Sehingga lebih baik membuat harga 199.000 saja. Hal ini terasa lebih masuk akal bagi calon pembeli.
3. Buat Harga Tanpa Simbol Rp
Menghilangkan simbol Rp (rupiah) pada harga produk juga diyakini para psikolog dapat mempengaruhi niat belanja calon pembeli. Para peneliti percaya bahwa dengan menghilangkan simbol Rp pada produk akan membuat pembeli merasa nyaman dan tidak terpaku bahwa dia sedang membelanjakan rupiahnya. Sebab yang dia lihat hanyalah angka-angka.
4. Trik 95.000 untuk 10 item.
Ini adalah trik toko atau tempat belanja agar pembeli membeli produk dalam jumlah yang banyak. Toko tidak memberi tahu bahwa harga sebenarnya juga hanya 9.500. Jadi sebenarnya mau dibeli satuan atau grosir, harga yang dibayar oleh pembeli tetap sama. Tapi teknik ini juga diyakini mampu mendongkrak penjualan anda.
5. Batasi Jumlah Pembelian/Customer
Manusia adalah makhluk yang berusaha ekslusif karena ego yang tinggi. Manusia ingin terlihat berbeda dari yang lain. Sifat ini bisa dimanfaatkan ke dalam penentuan harga produk anda. Buat harga semasuk akal mungkin dan batasi jumlah pembeli item tersebut. Nah, di sini pembeli akan merasa penasaran dengan keeksklusifan produk tersebut dan berusaha membelinya secepat mungkin. Padahal stok anda di gudang masih banyak.
6. Berikan Barang Gratis Sebagai Promosi.
Mendengar atau membaca kata gratis bisa membuat mata orang membelalak dan terkejut. Coba lihat saja di forum-forum atau portal yang menyediakan sesuatu yang gratisan. Pasti langsung diserbu oleh calon pembeli. Tentu di antara yang suka gratisan itu ada pembeli potensial yang bersedia membelanjakan uangnya untuk membeli produk utama anda yang tentu saja lebih menggiurkan daripada yang gratisan tadi.
7. Buat Harga yang Simple
Misalkan anda membuat harga 764.500 dan discount 15%. Maka pembeli akan dengan berat hati meliriknya sebab tak semua orang mampu luar kepada mengurang-ngurangi jumlah discount tersebut. Lebih baik lagi sertakan dua harga sebelum dan sesudah diskon. Contohnya menempel label harga : 150.000 diskon 10% dan tulisan 135.000. Hal ini membuat pembeli menjadi tahu seberapa besar uang yang mereka hemat.
Bagi penjual mudah-mudahan trik ini berguna bagi anda untuk meningkatkan penjualan produk anda. Tapi bila anda seorang pembeli, trik ini setidaknya akan membuat anda menjadi pembeli yang bijak dan smart.
Semoga Bermanfaat.
Penentuan Harga Produk |
Teknik penentuan harga produk ini sebenarnya sederhana tapi berdampak besar terhadap psikologi calon pembeli produk anda. Maka, saya merangkumnya untuk anda 7 cara menentukan harga produk untuk mendongkrak penjualan. Mereka adalah:
1. Membuat Harga dengan Akhiran 99 atau 95
Di televisi atau di tempat-tempat belanja banyak anda temui barang-barang dengan hara 199.000 atau 195.000. Teknik ini membuat produk terlihat lebih murah dari aslinya. Para peneliti juga menemukan bahwa produk dengan harga berakhiran 9.900/99.000 atau 9.500/95.000 memiliki perbedaan penjualan yang sangat signifikan.
Secara piskologi, hal ini terjadi karena kita membaca dari arah kiri ke kanan hingga kita merasa harga dengan akhiran angka sembilan tadi produk tersebut menjadi lebih murah. Padahal tidak. Ajaib bukan? nah apa lagi.
2. Membuat 3 Nol Pada Digit Terakhir.
Hal ini sederhana saja. Mungkin beberapa tahun silam masih ada yang membuat harga 199.999 tapi ternyata hal tersebut berdampak buruk pada penjualan. Sehingga lebih baik membuat harga 199.000 saja. Hal ini terasa lebih masuk akal bagi calon pembeli.
3. Buat Harga Tanpa Simbol Rp
Menghilangkan simbol Rp (rupiah) pada harga produk juga diyakini para psikolog dapat mempengaruhi niat belanja calon pembeli. Para peneliti percaya bahwa dengan menghilangkan simbol Rp pada produk akan membuat pembeli merasa nyaman dan tidak terpaku bahwa dia sedang membelanjakan rupiahnya. Sebab yang dia lihat hanyalah angka-angka.
4. Trik 95.000 untuk 10 item.
Ini adalah trik toko atau tempat belanja agar pembeli membeli produk dalam jumlah yang banyak. Toko tidak memberi tahu bahwa harga sebenarnya juga hanya 9.500. Jadi sebenarnya mau dibeli satuan atau grosir, harga yang dibayar oleh pembeli tetap sama. Tapi teknik ini juga diyakini mampu mendongkrak penjualan anda.
5. Batasi Jumlah Pembelian/Customer
Manusia adalah makhluk yang berusaha ekslusif karena ego yang tinggi. Manusia ingin terlihat berbeda dari yang lain. Sifat ini bisa dimanfaatkan ke dalam penentuan harga produk anda. Buat harga semasuk akal mungkin dan batasi jumlah pembeli item tersebut. Nah, di sini pembeli akan merasa penasaran dengan keeksklusifan produk tersebut dan berusaha membelinya secepat mungkin. Padahal stok anda di gudang masih banyak.
6. Berikan Barang Gratis Sebagai Promosi.
Mendengar atau membaca kata gratis bisa membuat mata orang membelalak dan terkejut. Coba lihat saja di forum-forum atau portal yang menyediakan sesuatu yang gratisan. Pasti langsung diserbu oleh calon pembeli. Tentu di antara yang suka gratisan itu ada pembeli potensial yang bersedia membelanjakan uangnya untuk membeli produk utama anda yang tentu saja lebih menggiurkan daripada yang gratisan tadi.
7. Buat Harga yang Simple
Misalkan anda membuat harga 764.500 dan discount 15%. Maka pembeli akan dengan berat hati meliriknya sebab tak semua orang mampu luar kepada mengurang-ngurangi jumlah discount tersebut. Lebih baik lagi sertakan dua harga sebelum dan sesudah diskon. Contohnya menempel label harga : 150.000 diskon 10% dan tulisan 135.000. Hal ini membuat pembeli menjadi tahu seberapa besar uang yang mereka hemat.
Bagi penjual mudah-mudahan trik ini berguna bagi anda untuk meningkatkan penjualan produk anda. Tapi bila anda seorang pembeli, trik ini setidaknya akan membuat anda menjadi pembeli yang bijak dan smart.
Semoga Bermanfaat.
Open Comments
Close Comments
6 komentar untuk "Ini Dia 7 Trik Ampuh Menentukan Harga Produk yang Mendongkrak Penjualan"
salam kenal
Ayla
Komenlah dengan bijak
Curhat Cinta