Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Miss Understanding, Sulitnya Menerjemahkan

Miss Understanding, Sulitnya Menerjemahkan

Iya, saya tahu tulisan judulnya itu salah kan ? :). Belakangan ini kita banyak disuguhi berita tentang salah penerjemahan yang berujung kepada tuduhan pelanggaran hukum dan berimbas ke pengadilan. Kita lihat saja kasus Prita dan Luna Maya, dua kasus yang menyedot atensi kita. Menurut pihak yang dirugikan ( RS Omni dalam kasus Prita dan Infotainment dalam kasus Luna Maya ), mereka telah dengan sengaja menyebarkan hal yang merusak nama baik dan mereka harus menuntut si pelaku agar mempertanggungjawabkan perbuatannya. Di lain pihak Prita dan Luna Maya mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak bermaksud melakukan hal yang dituduhkan kepada mereka.
Itulah beberapa contoh betapa komunikasi di dunia ini sering mengalami yang namanya missunderstanding atau kesalahpahaman, terlepas dari apakah Luna dan Prita memang benar atau salah. Lalu sempat terpikir oleh saya mungkinkah suatu saat ada bahasa yang memang dapat dipahami oleh semua orang dengan sempurna tanpa adanya missunderstanding baik melalui komunikasi verbal maupun non verbal ? ataukah itu hanya angan - angan belaka ?
Sampainya pesan dalam komunikasi yang baik tentu harus didukung oleh daya terjemahan yang baik pula. Tapi memang menerjemahkan itu adalah pekerjaan yang sulit dan bahkan sangat sulit. Sebab menerjemahkan pesan dari orang yang sebahasa dengan kita saja kita masih menemukan kesulitan bagaimana pula bila harus menerjemahkan dari bahasa orang lain.
Bagi saudara - saudara  yang kebetulan nyasar baca tulisan ini, saya mohon sekali ada yang bersedia menerjemahkan kata2 Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris hingga kesan, pesan dan rasanya itu sama dengan aslinya. Kata - kata itu ialah :
1. Emang gue pikirin..
2. Jangan Lebay dong..
:D
Kalau emang ada partisipasi ntar koleksinya ( pertanyaannya :D ) ditambah dan berharap nanti kita bisa menciptakan suatu bahasa baru yang dapat dipahami oleh semua orang dengan baik.
peace!

Open Comments

Posting Komentar untuk "Miss Understanding, Sulitnya Menerjemahkan"