Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Inilah 6 Merk Dunia yang Diprediksi Hilang di 2013

Inilah 6 Merk Dunia yang Diprediksi Hilang di 2013

6 Merk Dunia yang Diprediksi Hilang di 2013

Teori evolusi mengatakan bahwa yang dapat bertahan hidup dan lestari di dunia ini bukanlah yang kuat atau yang berkuasa, tapi mereka yang mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Mereka yang bertahan adalah mereka yang mampu berkelit dari hantaman zaman. Dan hukuman bagi mereka yang tidak siap adalah kepunahan yang tinggal menunggu waktu.

Teori ini berlaku di segala sisi kehidupan termasuk dunia bisnis yang semakin digital oriented. Artinya semakin berkembangnya dunia digital, maka semua dunia usaha juga harus berevolusi dan beradaptasi dengan hal-hal yang berbau digital. Tidak ada yang bisa mengelak dari fenomena ini.

Berikut adalah 6 brand atau merek kelas dunia yang tidak tahan dengan persaingan, tak mampu beradaptasi dan diprediksi bakal menghilang di tahun 2013.

1. JC Penney
Menurut customer yang selama ini menjadi pelanggan JCPenney, mereka tidak menyukai pengalaman berbelanja belakangan ini. Pada awal tahun 2012 JCPenney beberapa kali telah mencoba memanjakan pelanggan dengan sistem kupon atau menjual produk dengan harga yang lebih rendah. 

Pada tahun 2012 penjualan JCPenney menurun sebanyak 20% secara keseluruhan. Sementara dari toko online mereka mengalami penurunan penjualan sebesar 33%. Para investor juga telah ragu menanamkan modal di JCPenney. Ron Johnson, CEO baru JCPenney juga diragukan akan mampu membangkitkan kembali perusahaan yang telah berusia 110 tahun tersebut.

2. Mitsubishi Motor Amerika Utara
Pabrikan ini sedang berjuang untuk keluar dari krisi mereka. Pada tahun 2012 ini mereka mengalami penurunan penjualan sebesar 29%. Parahnya mereka hanya memiliki 0,4% dari pangsa pasar yang ada. Sebagai perbandingan Ford memiliki pangsa pasar sebesar 16%.

Mistubishi Motors Amerika Utara berada di posisi 21 dari 22 pabrikan yang bersaing. Mereka juga diprediksi tidak akan mampu berjuang untuk mengembalikan performa penjualan mereka seperti pada masa jayanya.

3. RIM (Research in Motion)
BlackBerry adalah merek smartphone yang menguasai dunia 5 tahun lalu. Kejayaan RIM dengan BlackBerry-nya terus berkibar hingga hadirlah Android dan Apple. Pada masa jayanya, hampir setiap pebisnis di dunia ini memiliki PIN BlackBerry. Bahkan pemilik BlackBerry juga sempat dianggap sebagai strata tertentu di sosialita tertentu.

Namun kehadiran pesaing mereka seperti Android dan Apple membuat BlackBerry anjlok. Mereka tidak siap dengan persaingan yang tersaji secara tiba-tiba. RIM tidak pernah memprediksi bahwa kekuasaan mereka akan terusik.

Imbasnya, saham RIM yang awalnya menyentuh USD 144 pada tahun 2008 dan pada tahun 2012 hanya senilai USD 11. Kemunduran RIM  juga terlihat pada peluncuran atau launching BlackBerry 10 yang sampai kini belum memiliki kejelasan. Hal ini membuat RIM masuk ke dalam list

6 Merk Dunia yang Diprediksi Hilang di 2013



4. Martha Stewart Living Omnimedia
Perusahaan Merchandise yang dibangun oleh Marta Stewart ini tidak mampu beradaptasi dengan revolusi dunia digital. Martha Stewart Omnimedia telah menutup 2 dari 4 majalah cetak mereka. Jumlah pengiklan mereka telah menurun sebesar 30%.

Analis menyebutkan bahwa penurunan tersebut jelas akan mematikan Marta Stewart’s Media. Penurunan itu sendiri tidak lepas dari skandal yang melibatkan Marta Stewart. Kepercayaan publik telah pudar seiring dengan melunturnya citra media tersebut.

5. American Airlines
Selama 30 tahun, American Airlines adalah maskapai penerbangan utama di Amerika. Tapi bersatunya Northwest dengan Delta and Continental serta United membuat American Airlines tidak berkutik. Hingga akhirnya mereka mengajukan pernyataan bangkrut yang didukung oleh banyak pihak.

6. Avon
Kini Avon tengah berjuang untuk keluar dari krisis keuangan. Avon juga terlibat dalam kasus penyuapan terhadap otorita di berbagai negara seperti China, Prancis dan Brasil. Awal tahun ini sebuah perusahaan yang memproduksi parfum tampaknya tertarik untuk mengakuisisi Avon. Meskipun ditenggarain akan bangkrut, namun brand Avon yang telah mendunia masih cukup layak untuk diambil alih.

Keenam perusahaan di atas diprediksi akan menghilang di 2013 karena tidak mampu beradaptasi dan menjaga performa agar tetap bersaing. Ada beberapa brand yang sangat disayangkan bila menghilang. Menurut pembaca sendiri, dari ke 6 brand di atas, brand apa yang harusnya bertahan?
Open Comments

Posting Komentar untuk "Inilah 6 Merk Dunia yang Diprediksi Hilang di 2013"