Inilah 6 Merk Dunia yang Diprediksi Hilang di 2013
6 Merk Dunia yang Diprediksi Hilang di 2013
Teori evolusi mengatakan bahwa yang dapat
bertahan hidup dan lestari di dunia ini bukanlah yang kuat atau yang berkuasa,
tapi mereka yang mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Mereka yang bertahan adalah mereka yang mampu berkelit dari hantaman zaman. Dan
hukuman bagi mereka yang tidak siap adalah kepunahan yang tinggal menunggu
waktu.
Teori ini berlaku di segala sisi kehidupan
termasuk dunia bisnis yang semakin digital oriented. Artinya semakin
berkembangnya dunia digital, maka semua dunia usaha juga harus berevolusi dan
beradaptasi dengan hal-hal yang berbau digital. Tidak ada yang bisa mengelak
dari fenomena ini.
Berikut adalah 6 brand atau merek kelas dunia yang
tidak tahan dengan persaingan, tak mampu beradaptasi dan diprediksi bakal
menghilang di tahun 2013.
1. JC Penney
Menurut customer yang selama ini menjadi
pelanggan JCPenney, mereka tidak menyukai pengalaman berbelanja belakangan ini.
Pada awal tahun 2012 JCPenney beberapa kali telah mencoba memanjakan pelanggan
dengan sistem kupon atau menjual produk dengan harga yang lebih rendah.
Pada tahun 2012 penjualan JCPenney menurun
sebanyak 20% secara keseluruhan. Sementara dari toko online mereka mengalami
penurunan penjualan sebesar 33%. Para investor juga telah ragu menanamkan modal
di JCPenney. Ron Johnson,
CEO baru JCPenney juga diragukan akan mampu membangkitkan kembali perusahaan
yang telah berusia 110 tahun tersebut.
2. Mitsubishi Motor Amerika Utara
Pabrikan ini sedang berjuang untuk keluar dari
krisi mereka. Pada tahun 2012 ini mereka mengalami penurunan penjualan sebesar
29%. Parahnya mereka hanya memiliki 0,4% dari pangsa pasar yang ada. Sebagai
perbandingan Ford memiliki pangsa pasar sebesar 16%.
Mistubishi Motors Amerika Utara berada di
posisi 21 dari 22 pabrikan yang bersaing. Mereka juga diprediksi tidak akan
mampu berjuang untuk mengembalikan performa penjualan mereka seperti pada masa
jayanya.
3. RIM (Research in Motion)
BlackBerry adalah merek smartphone yang
menguasai dunia 5 tahun lalu. Kejayaan RIM dengan BlackBerry-nya terus berkibar
hingga hadirlah Android dan Apple. Pada masa jayanya, hampir setiap pebisnis di
dunia ini memiliki PIN BlackBerry. Bahkan pemilik BlackBerry juga sempat
dianggap sebagai strata tertentu di sosialita tertentu.
Namun kehadiran pesaing mereka seperti Android
dan Apple membuat BlackBerry anjlok. Mereka tidak siap dengan persaingan yang
tersaji secara tiba-tiba. RIM tidak pernah memprediksi bahwa kekuasaan mereka
akan terusik.
Imbasnya, saham RIM yang awalnya menyentuh USD
144 pada tahun 2008 dan pada tahun 2012 hanya senilai USD 11. Kemunduran RIM juga terlihat pada peluncuran atau launching
BlackBerry 10 yang sampai kini belum memiliki kejelasan. Hal ini membuat RIM masuk ke dalam list
6 Merk Dunia yang Diprediksi Hilang di 2013
4. Martha Stewart Living Omnimedia
Perusahaan Merchandise yang dibangun oleh
Marta Stewart ini tidak mampu beradaptasi dengan revolusi dunia digital. Martha
Stewart Omnimedia telah menutup 2 dari 4 majalah cetak mereka. Jumlah pengiklan
mereka telah menurun sebesar 30%.
Analis menyebutkan bahwa penurunan tersebut
jelas akan mematikan Marta Stewart’s Media. Penurunan itu sendiri tidak lepas
dari skandal yang melibatkan Marta Stewart. Kepercayaan publik telah pudar
seiring dengan melunturnya citra media tersebut.
5. American Airlines
Selama 30 tahun, American Airlines adalah
maskapai penerbangan utama di Amerika. Tapi bersatunya Northwest dengan Delta
and Continental serta United membuat American Airlines tidak berkutik. Hingga
akhirnya mereka mengajukan pernyataan bangkrut yang didukung oleh banyak pihak.
6. Avon
Kini Avon tengah berjuang untuk keluar dari
krisis keuangan. Avon juga terlibat dalam kasus penyuapan terhadap otorita di
berbagai negara seperti China, Prancis dan Brasil. Awal tahun ini sebuah
perusahaan yang memproduksi parfum tampaknya tertarik untuk mengakuisisi Avon.
Meskipun ditenggarain akan bangkrut, namun brand Avon yang telah mendunia masih
cukup layak untuk diambil alih.
Keenam perusahaan di atas diprediksi akan
menghilang di 2013 karena tidak mampu beradaptasi dan menjaga performa agar
tetap bersaing. Ada beberapa brand yang sangat disayangkan bila menghilang.
Menurut pembaca sendiri, dari ke 6 brand di atas, brand apa yang harusnya
bertahan?
Open Comments
Close Comments
Posting Komentar untuk "Inilah 6 Merk Dunia yang Diprediksi Hilang di 2013"
Komenlah dengan bijak
Curhat Cinta